Monday, September 12, 2016

Rangkuman Tentang Teks Fungsional Pendek



1. Teks Notice
Fungsi sosial dari teks Notice adalah untuk memberikan petunjuk, peringatan atau larangan. Struktur teks Notice terdiri dari; Attention Getter dan Information. Teks Notice biasanya berbentuk; Gambar, tanda/rambu, Kata/frasa, Kalimat pernyataan positif maupun negative, serta Kalimat imperatif positif atau negative.

2. Teks Announcement
Fungsi sosial dari teks Announcement adalah untuk memberikan informasi kepada publik. Struktur teks Announcement terdiri dari: Attention Getter, Target, Information dan Announcer.Teks Pengumuman biasanya menggunakan Future Tense.

3. Teks Personal Letter
Fungsi sosial dari teks Personal Letter adalahuntuk menyampaikan informasi, menceritakan pengalaman, meminta maaf dan lain-lain Struktur teks Personal Letter terdiri dari:heading, Greeting, Body, Closing serta Signature and Name.Ciri-ciri kebahasaan teks Personal Letter adalah: biasanya menggunakan Simple Present Tense, tapi bisa juga menggunakan Simple Past Tense jika yang informasi yang disampaikan terjadi pada waktu lampau.

4. Advertisement
Fungsi sosial dari teks Advertisement adalah untuk menawarkan atau mempromosikan suatu produk atau jasa, membujuk orang supaya membeli ataumenggunakannya dan memberikan informasi tentang produk atau jasatersebut. Struktur teks Advertisement terdiri dari: Attention Getter, Information/product dan Advertiser. Teks Advertisement menggunakan gaya Bahasa yang persuasif.

No comments:

Post a Comment