Berdasarkan definisi genre dari Martin (1984), tujuan pendidikan
bahasa berbasis genre adalah membentuk kompetensi melaksanakan fungsi
sosial dengan menggunakan teks yang memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang
tepat dan benar sesuai dengan tujuan dan konteks komunikatifnya. Karena
kualitas teks ditentukan oleh tujuan dan konteks penggunaannya, aktivitas
berbahasa bukan hanya sekedar kebiasaan menggunakan kata-kata, tetapi suatu
kemampuan yang kompleks untuk senantiasa menentukan dan memilih langkah komunikatif
dan unsur kebahasaannya.
Fungsi sosial teks adalah maksud atau tujuan yang hendak dicapai
oleh penulis melalui teks yang dibuatnya.
Struktur teks adalah urutan bagian-bagian teks secara logis dan
runtut untuk mencapai maksud atau fungsi sosialnya.
Unsur kebahasaan teks
adalah ungkapan, kosa kata, dan tata bahasa yang dipilih untuk mencapai maksud
dan fungsi sosial teks
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Tujuan Pendidikan Bahasa Berbasis Genre"
Post a Comment